Rabu, 20 Juli 2011

Cara Memperbaiki Battery Consider Replacing Laptop Compaq

Kemarin ada teman yang laptopnya ( laptop compaq CQ40) muncul peringatan consider replacing battery yaitu munculnya tanda silang di ikon batterai yang ada di system tray , langsung aja aku minta bantuan mbah google untuk mencari solusinya. Ternyata itu adalah salah satu kelemahan dari windows 7 menyatakan bahwa baterai tersebut harus diganti.
Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image



Banyak pengguna windows 7 yang mengeluhkan adanya peringatan tersebut diatas. Apabila anda mengalami masalah " Consider Replacing battery" jangan terburu - buru untuk merogoh kocek karena belum tentu batterai anda rusak dan waktunya diganti. Disini saya akan memberikan cara sederhana untuk menghilangkan notifikasi yang mengganggu tersebut. Berikut langkah - langkahnya ;
  • Charge baterai anda sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  • Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.


Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image
  
  • Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.

Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image

  • Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.
  • Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.
Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image
Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Cara yang kedua yaitu dengan cara test batterai anda dengan software hp Support assistant
yang bisa anda download disini
  1. Klik Start dan pilih Asisten Dukungan HP. 
  2. Pada jendela HP Support Assistant, pilih Informasi dalam kotak Troubleshoot.Pada jendela komputer Anda Troubleshoot, pilih Power, Thermal dan Mekanik.
  3. Klik Periksa Baterai. 
  4. Alat Periksa Baterai akan membuka, memeriksa baterai Anda dan menampilkan hasil pemeriksaan status baterai Anda.

Periksa Baterai HP akan menunjukkan apakah baterai perlu diganti. Jika baterai melewati tes lanjutkan dengan langkah berikutnya dalam dokumen ini. Jika baterai tidak lulus tes, ikuti petunjuk dalam alat Baterai Periksa HP untuk bantuan lebih lanjut.
 
Jika HP Periksa Baterai menunjukkan bahwa baterai Anda sehat tetapi Windows 7 pesan peringatan baterai terus muncul di komputer Anda, mengikuti langkah-langkah di bawah ini dapat mencegah Windows 7 peringatan baterai muncul ketika baterai Anda sehat. 

cara yang lain yaitu dengan update bios.

Untuk men-download dan flash BIOS, lakukan langkah-langkah berikut.
 
  1. Pada HP Drivers and Downloads pilih model / type laptop Anda, klik update BIOS terbaru  dalam daftar. 
  2. Sebelum men-download update  BIOS, mencetak halaman petunjuk penginstalan di browser Anda.
  3.  Klik tombol Download pada halaman hanya untuk memulai download dari update BIOS. Simpan file ke folder yang nyaman di komputer.
 
Catatan : 
Cara diatas saya ambil contoh laptop COMPAQ atau HP.












lintasberita